PERADABAN YUNANI KUNO
A.
Perkembangan
peradaban Yunani Kuno dibagi menjadi dua yaitu
1. Zaman
Pra- Yunani Kuno (abad XV – VII SM)
Pada
zaman ini terbagi menjadi tiga fase secara umum yaitu yang pertama zaman batu
tua. Pada zaman ini mempunyai beberapa ciri khas, diantaranya menggunakan alat
dari batu, sudah mengenal bercocok tanam dan beternak dan pengamatan primitif
menjadi dasar dalam kehidupan sehari- hari. Yang kedua yaitu zaman batu muda.
Pada zaman ini telah berkembang kemampuan yang luar biasa yaitu dengan
kemampuan berupa tulisan (gambar dan symbol),kemampuan membaca (yaitu dari
bunyi ataupun suku kata tertentu), dan juga kemampuan menghitung. Yang ketiga
yaitu zaman logam. Pada zaman ini sudah semakin maju yaitu dengan peralatan
logam digunakan untuk peralatan sehari-hari seperti peralatan masak, digunakan
sebagai perhiasan bahkan perang pun pada zaman ini sudah menggunakan logam.
1. Zaman
Yunani Kuno (abad VII – II SM)
Pada
abad ke-VI SM di Yunani lahirlah filsafat yang disebut sebagai landasan peradaban
dunia yaitu The Greek Miracle yang berarti suatu peristiwa yang ajaib.
Peradaban Yunani Kuno dimulai pada abad ke 6 SM, tetapi pada masa itu
masyarakat Yunani hanya menganut cerita mitos dan bahkan pemikiran yang logis
tidak berlaku pada masa itu. Dan para ilmuwan memperhatikan dengan benar
bagaimana perkembangan ilmu pada masa ini karena akan menjadi dasar ilmu
pengetahuan pada masa sekarang. Namun pada abad ini juga ada ilmuwan yang
menentang dengan keras akan adanya kepercayaan kepada mitos.Dan beberapa
penemuan penting justru terjadi pada periode ini.
B.
SEJARAH
PERKEMBANGAN ILMU PADA MASA YUNANI KUNO
Sejarah
perkembangan ilmu pada zaman ini yaitu sekitar abad ke 6, pada zaman ini
pemikiran dari masyarakat tentang ilmu masih terpengaruh dengan mitos-mitos.
Maksudnya disini adalah pada zaman ini orang-orang masih percaya dengan tahayul
dan menggunakan ilmu alam, namun meskipun begitu ada beberapa filosof yang
selalu berusaha untuk membebaskan diri dari pengaruh mitos yaitu dengan cara
memperhatikan kebenaran sesuai dengan hati sehingga dapat membedakan mana
tahayul dan mana yang nyata. Dalam perkembangan ilmu pada masa Yunani Kuno pada
awalnya sangat percaya dengan cerita / dongeng yang berbau mitos ataupun
tahayul. Namun lama- kelamaan mereka mampu keluar dari pengaruh itu dan mulai
menggunakan
dasar kebenaran ilmiah. Di dalam zaman ini juga terdapat beberapa sifat, yaitu
aninquiring attitude, dan receive attitude mind. Kedua sikap itu juga mempunyai
arti yaitu yang pertama aninquiring attitude maksudnya sikap yang selalu kritis
dalam menghadapi tantangan ataupun menyelidiki sesuatu. Dan yang kedua receive
attitude mind mempunyai arti disini adalah suatu sikap yang menerima begitu
saja, maksudnya secara luas yaitu selalu menerima tanpa piker panjang. Tetapi
receive attitude mind pada zaman ini tidak diterima. Pada zaman ini ilmu
filsafat dapat tumbuh dengan subur karena mencapai puncak kejayaannya (zaman
hellenisme) dibawah pimpinan Iskandar Agung yaitu merupakan murid dari ahli
besar Aristoteles.
Pada
abad pertama sampai abad ke 2 M ada pembagian wilayah perkembangan ilmu yang
disebabkan oleh masuknya agamaKristen. Pada abad ke 4 dan 5 M perkembangan ilmu
pengetahuan dikuasai oleh Roma.Dalam penguasan ilmu pengetahuan oleh Roma tentu
saja disebabkan oleh beberapa pokok, yaitu :
1) Kebebasan
berfikir yang ditekankan oleh Roma.
2) Agama
Kristen yang tidak di sangkal.
3) Kerjasama
antara orang Kristen digunakan sebagai otoritas kebenaran.
Namun walaupun begitu para tokoh aljabar
yang ada pada abad ke 2M sangat berperan dalam perkembangan pengetahuan.
Adapun
tokoh-tokoh yang ada pada masa Yunani Kuno adalah :
1. THALES
( 624-546 SM )
Thales
pernah mengemukakan sebuah pertanyaan yang dijawab sendiri, dalam pertanyaannya
itu isinya yaitu apa sebenarnya bahan alam semesta ini? Dan thales pun menjawab
sendiri yaitu jawaban yang mengejutkan air. Ternyata jawaban itu masih belum
tuntas dan memunculkan pertanyaan baru kenapa thales memilih air untuk menjawab
pertanyaan itu. Dan ternyata thales memilih air untuk jawabannya itu karena air
merupakan sesuatu yang sangat diperlukan bagi kehidupan dan unsure terpenting
oleh makhluk hidup. Menurut pendapatnya bumi ini terapung di atas air (Mayer,
1950:18). Dari pernyataan thales tersebut dapat diketahui bahwa sesuatu yang
sangat sederhana pun dapat menimbulkan pernyataan-pernyataan yang kompleks.
Thales telah lahir pada tahun 625–546SM dan dia telah diberi julukan The Father
of Filoshopy oleh Aristoteles yang artinya dia merupakan pencetus filosofi
pertama. Bahkan dia juga telah mendapat gelar sebagai salah satu dari tujuh
orang yang bijaksana atau dalam bahasa inggrisnyaSeven Wise Men of
Greece.Meramal gerhana matahari pun telah Thales lakukan pada tahun 585 SM dan
itu merupakan salah satu jasanya yang besar. Argumen Thales dikemukakan secara
kongkret dan bukan hanya rasional. Dengan demikian, Thales merupakan ahli
matematika yang pertama dan juga The Father of Deductive Reasoning.
2. ANAXIMANDER
( 610-546 SM )
Anaximander
berpendapat bahwa benda dari pembentuk dunia yag asli adalah apeiron. Yang
dimaksud dengan apeiron disini adalah suatu substansi yang tidak memiliki batas
atau definisi. Anaximander juga menjelaskan bahwa apeiron sebagai sesuatu yang
mengelilingi segala sesuatu secara tak terbatas. Menurut Anaximander, bahwa
bumi tidak ditopang oleh apa-apa dan makhluk pertama yang hidup dilahirkan
dalam kelembapan.
3. ANAXIMENES
( 585-528 SM )
Anaximenes
ada sekitar 585-528 SM. Prinsipnya adalah bahwa prinsip yang pertama dari
segala benda adalah tak terbatas. Udara merupakan prinsip yang pertama yang ia
nyatakan karena udaralah yang meliputi seluruh alam dan menjadikan dasar hidup
bagi manusia untuk bernafas, karena tanpa udara manusia tidak akan mungkin bisa
bertahan hidup. Ajaran Anaximenes bahwa bumi melayang di udara, bintang ditanam
seperti paku dalam Kristal dan benda-benda langit selalu bergerak mengitari
bumi seakan-akan seperti topi yang mengitari kepala kita.Terjadinya gempa bumi
pun dijelaskan antara keadaan kering dan basah pada pertukaran bumi.
4. PYTHAGORAS
( 571-496 SM )
Pythagoras
lahir di pulau Samos, dan dia menetap di Trotona. Ia dikenal sebagai Bapak
Bilangan dan yang sampai sekarang masih dikenal adalah Teorema Pythagoras.
Teorema Pythagoras biasanya selalu kita jumpai dalam pelajaran matematika,
karena teorema pythagoras sendiri adalah suatu keterkaitan dalam geometri
Euklides antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku. Dalam teorema Pythagoras
menyatakan bahwa jumlah luas bujur sangkar pada kaki sebuah segitiga siku-siku
sama dengan luas bujur sangkar di hipotenus. Dalam pendapatnya, Pythagoras
menyatakan bahwa angka bukan unsur seperti udara, dan air merupakan prinsip
semua benda. Terdapat modifikasi angka yang sedemikian rupa dan baginya angka
adalah materi dan makna cosmos. Ia juga berpendapat bahwa sumber semua benda
adalah berawal dari bilangan genap dan ganjil yang yang secara bersama-sama
menghasilkan kesatuan berupa angka.
5. HERACLITUS
( 544-484 SM )
Sekitar
tahun 544-484 SM Heraclitus mulai muncul, dia terlahir di sebuah kota
perantauan di Asia Kecil yaitu di Ephesus. Dia selalu diberi julukan si gelap
dan merupakan yang paling tua dari teman-temannya yaitu Pythagoras dan
Xenophanes. Ucapannya yang terkenal berbunyi Panta Rhei Kai Uden Menci yang
mempunyai arti segala sesuatunya mengalir bagaikan arus sungai dan tidak ada
satu orang pun yang bisa masuk ke sungai dua kali. Seperti dalam pernyataanya
dia mengatakan bahwa “ You can’t step twice into the same river, for the fresh
waters are ever flowing upon you “ dengan arti bahwa engkau tidak dapat terjun
kesungai yang sama dua kali, karena air sungai itu mengalir dan terus
mengalir.Menurut Heraclitus, alam semesta ini selalu dalam keadaan berubah. Dan
dari pernyataan tersebut, mengandung pengertian bahwa kebenaran itu selalu
berubah.
6. PARMANIDES
( 501-492 SM )
Parmanides
lahir pada tahun 540 M yang berasal dari Elea. Elea merupakan sebuah kota
perantauan Yunani di Italia Selatan. Permanides mempunyai sebuah metode/ sistem
yang secara keseluruhan didasarkan pada deduksi logis, misalnya tidak seperti
Heraclitus yang menggunakan metode intuisi. Dalam “The Way of Truth”,
Parmanides bertanya : Apa standard kebenaran dan ukuran realitas? Dan bagaimana
itu bisa dipahami? Ia lalu menjawab ukurannya ialah logika yang konsisten.
Parmanides mengakui adanya pengakuan yang tidak tetap dan selalu berubah-ubah
serta pengetahuan indera dan budi yang biasa disebut dengan pengetahuan yang
tetap. Menurut Permanides pengetahuan budi itu sangat utama, karena ia
beranggapan bahwa pengetahuan indera tidak mampu mencapai kebenaran.
7. ZENO
( 490-430 SM )
Zeno
lahir di Elea. Zeno berpendapat bahwa realitas adalah satu, tidak berubah dan
realitas dipahami oleh nalar bukan indera. Zeno merupakan murid dari Parmanides.
Ia berusaha menunjukkan bahwa gerak hanya khayal belaka. Penalarannya yang
paling terkenal dalam hal ini menyatakan bahwa Achilles tak akan pernah dapat
mengejar kura-kura. Ini disebabkan karena kura-kura akan selalu di depan saat
Achilles mencapai titik dimana kura-kura itu semula. Dan Mellisus memperbaiki
pendirian Paranides, dengan demikian, pendapatnya ini menyimpang dari tradisi
Yunani yang memandang ruang bersifat berhingga.
8. PROTAGORAS
( 481-411 SM )
Protagoras
menyatakan bahwa manusia adalah ukuran kebenaran dan kebenaran itu bersifat
pribadi. Akibatnya tidak akan ada ukuran yang absolute dalam etika, metafisika,
maupun agama. Bahkan teori matematika juga dianggap sebagai kebenaran yang
absolute.
9. GORGIAS
Gorgias
datang dari dari Leontini menuju ke Athena pada tahun 427 SM. Gorgias
mengemukakan tiga proporsi yaitu tidak ada yang ada.maksudnya disini adalah
realitas itu tidak ada yang lebih baik dalam pemikirannya dan lebih baik tidak
menyatakan kebenaran yang menyatakan tentang realitas. Bila sesuatu itu ada,
maka ia tidak dapat diketahui yang disebabkan oleh penginderaan yang tidak
dapat dipercaya dan merupakan sumber ilusi. Menurut Gorgias, bahwa akal kita
tidak juga mampu meyakinkan kita tentang bahan alam semesta ini karena kita
sudah masuk dalam teori about Gorgias.
10. SOCRATES
Socrates
menggunakan metode yang praktis. Metode yang digunakan Socrates disebut
Dialektika, yaitu dari kata kerja Yunani“Dialegethai” yaitu mengenai percakapan
dan menganalisis pendapat tentang salah atau tidak salah, adil dan tidak adil.
Dia berasal dari Athena sekitar 470-399 SM. Socrates menganggap jawaban pertama
sebagai hepotesa dan dengan jawabn-jawaban lebih lanjut yang lebih menarik dan
yang dapat disimpulkan dari jawaban-jawaban tersebut. Jika hepotesa pertama
tidak dapat dipertahankan karena menghasilkan konsekuensi yang mustahil, maka
dig anti dengan hipotesa lain dan jawaban yang kedua di pahami dengan
jawaban-jawaban yang lain.
C. HASIL
PERADABAN BANGSA YUNANI KUNO
Peradaban
Yunani Kuno yang sampai sekarang masih dijadikan sebagai disiplin ilmu yaitu
peradaban ilmu yang diwariskan untuk dunia yang sangat penting untuk kita
ketahui bahkan kita pelajari dalam perkembangan ilmu pengetahuan sekarang ini.
Kita akan mampu memahami itu semua apabila kita memahami dulu tentang peradaban
ilmu yang ada pada masa Yunani Kuno. Karya sastra merupakan hasil dari
peradaban pada masa Yunani Kuno yang sangat penting bagi masyarakat di dunia
karena dari karya sastra tidak begitu jauh dengan filsafat jadi kita mempelajarinya
harus saling berkesinambungan.Ada satu karya sastra yang terkenal yaitu kitab
Illiad dan Odissesia. Karya sastra itu berisi tentang kejadian sejarah perang
Troya yang ditulis oleh Homerus dan sampai saat ini, karya sastra kuno ini
dijadikan sebagai pedoman penting dalam perkembangan karya sastra modern ini.
Peradaban
Yunani Kuno masih terus dikenang sampai sekarang karena karyanya yang membawa
pengaruh besar bagi kemajuan peradaban manusia. Bahkan ada yang menyebutkan
bahwa perdaban Yunani merupakan awal dari peradaban manusia di dunia.Peradaban
Yunani Kuno juga terbilang paling banyak memberikan kontribusi bagi dunia
sekarang ini adalah dalam bidang pengetahuan dan filsafat. Pada masa Yunani
juga berkembang berbagi pemikiran tentang ilmu pengetahuan yang dari lahirnya
para filosof tersebut memberikan perkembangan yang luar biasa. Dan para filosof
yang telah lahir itu diantaranya Socrates, Plato dan Aristoteles yang hingga
saat ini hasil pemikirannya masih dikenang oleh berbagai kalangan. Yaitu anak muda,
orang tua, setengah baya, wanita, lelaki dan bahkan anak kecil pun juga ikut
mengkaji hasil pemikiran dari para filosof terkenal itu. Meskipun pada awalnya
perjalanan dari para filosof dari Yunani itu sangatlah rumit dan saling
bersinggungan dari para filosof yang telah lebih dulu meletakkan pemikirannya
tentang ilmu pengetahua bahkan dari tokoh-tokoh dari bangsa lain. Namun, para
filosof dari Yunani Kuno lah yang mengembangngkan tentang ilmu pengetahuan dan
mempertanggungjawabkan pemikiran itu secara ilmah.
Teknologi
Kuno berkembang maju pada saat abad ke 5 SM, dan sampai dengan zaman Roma dan
seterusnya. Penemuan yang dianggap dihasilkan oleh Yunani Kuno termasuk gir,
skrup, obeng, jam air, ketapel, dan tekhnik pembuatan barang dari perunggu dan
penggunaan uap untuk menggerakkan mesin dan mainan. Kebanyakan ciptaan ini
berlaku di akhir zaman Yunani, sering kali diinspirasikan untuk memperbaiki
senjata dan taktik dalampeperangan.Dan juga diterapkannya teknologi kincir air
untuknalat eksloitosi oleh orang-orang Roma. Mereka juga mempunyai sistem
pensurveian dan matematika tahap tinggi dan banyak kemajuan dari mereka yang
diterbitkan oleh falsafah seperti Achimedes dan Hero.
1. Teknologi
Air
Sumber air adalah antara sumbangan terpenting dari
Yunani Kuno kepada banyak teknologi modern. Banyak bidang yang tergantung
kepada sumber air, terutama di kawasan pelabuhan, seperti penggunaan air di
bawah tanah, perpipaan u tuk saluran air, tanggul dan saluran air hujan, air
mancur, air untuk kebutuhan rumah tangga dan serta air untuk tujuan rekreasi.
2. Pertambangan
Orang Yunani membangun tambang-tambang perak sampai
Laurium, dan keuntungannya digunakan untuk pembnagunanAthena sebagai sebuah
pelabuhan dan Negara bijih-bijih yang ditambang dari dalam tanah dibersihkan dan
kemudian dileburkan untuk menghasilkan logam perak asli. Kemudan tempat ini
dipercantik dan dilengkapi tangki-tangki yang menampung air hujan atau salju
ketika musim dingin.
3. Teknologi
Perkembangan teknologi Yunani Kuno agak terhambat
karena pandangannya terhadap buruh, menurut mereka buruh adalah hina dan tidak
boleh megaplikasikan teknologi. Namun, akhirnya pada abad ke 6 SM oleh
Eupalinos di Samos telah memberi pandangan baru bahwa buruh harus mempunyai
skill supaya ilmu pengetahuan dari buruh itu bisa bermanfaat dan diaplikasikan
sampai ke semua kalangan
4. Arsitektur
Yunani Kuno
Arsitektur dari bangunannya dikerjakan sesuai dengan
desain yang estetik dan mulai berakhir di Yunani akhir periode Mycenaean
sekitar 1200 BC sampai dengan abad ke 7 BC. Bangunan Yunani kuno berada di
Archaic dan awal periode klasik dibuat dari kayu atau tanah liat, tidak ada
apapun sisa reruntuhan di antara bangunan tersebut kecuali tanah dan di sana
hampir tidakada sumber tertulis tentang awal arsitektur atau uraian dari bangunan
tersebut. Kebanyakan pengetahuan tentang Arsitektur Yunani datang dari
minoritas bangunan yang menyangkut gaya klasik,Hellenistic dan periode Roma
(sejak arsitektur roma mengikuti gaya Yunani).Arsitek adalah seorang ahli yang
biasanya ada di daerah perkotaan dan dipekerjakan oleh orang kaya Bahkan antara
arsitek dan pemborong tidak ada bedanya, hanya saja arsitek merancang bangunan
mewah, menyewa banyak tenaga kerja tenaga kerja dan tenaga ahli untuk membangun
dan bertanggung jawab atas anggaran dan penyelesaian tepat waktu
kedua-duanya.Ia tidak menikmati statusnya, tidak seperti arsitek pada bangunan
modern. Bahkan nama arsitek sudah dikenal sebelum abad ke 5. Bentuk standar
Gedung pemerintah Yunani dikenal mempunyai bantuk yang sama dari Parthenon, dan
bahkan bangsa Roma membangun bangunan mereka mengikuti gaya Yunani, seperti
Kuil untuk semua dewa di Roma. Titik dari atap Yunani yang rendah membuat suatu
bentuk persegi tiga pada maskng-masing tepi bangunan, dan pediment yang mana
pada umumnya diisi dengan dekorasi pahatan. Sepanjang sisi dari bangunan,
antara kolom dan atap, adalah suatu baris blok sekarang dikenal sebagai
entablature, yang permukaannya menyajikan suatu ruangan untuk memahat, dekorasi
yang dikenal sebagai metopes dan triglyphs. Tiap- tiap kota memiliki ruang
untuk olahraga dan untuk suatu Palestra. Ruangan ini sangat terbuka dengan
atapnya yang menghadap ke langit dan dilapisi degancolonnades.Dan juga
digunakan untuk kejuaraan atletik dan latihan juga sebagai pusat perkumpulan
kegiatan sosial dan juga tempat perkumpulan kaum pria. Kota Yunani juga
mempunyai ruang yang besar yang biasa digunakan untuk ruang pertemuan dan juga
sebagai gedung pengadilan. Beberapa Ilmuwan penting dalam bidang ini :
(1) Pythagoras
Yaitu dalam bidang teorema Pythagoras dan bilangan rasional
(2) Archimedes
Yaitu menyumbangkan kombinatorik dan persamaan kubik
(3) Aristoteles
Yaitu menyumbangkan logika matematika
(4) Plato
Yaitu menyumbangkan matriks, invers dan teorema dasar aljabar
Ilmuwan
yang mengambil peranan dalam astronomi Yunani antara lain :
(1) Archimedes
(2) Pythagoras
(3) Chios
Metodorus
(4) Democritus
(5) Empedokles
(6) Epicurus
(7) Copernicus
(8) Ptolomeus
(9) Newton
Dalam Geologi dan Seismologi menjelaskan
tentang Gempa bumi. Gempa bumi yang berasal dari tanah dan berhasil di teliti
oleh orang Yunani Kuno. Dan yang meneliti hal tersebut adalah Christhoper L
Linier.
5. Fisika
dan Meteorologi
Perkembangan ini dimulai saat Archimedes yang
menemukan tekanan Hidrostatis.Dan Democratus, Leocippus, dan beberapa ilmuwan
lainnya menemukan teori model atom.Plato juga turut menyumbangkan sumbangsihnya
lewat Polihedron dan Segitiga.Hallainnya yang ditemukan adalah listrik, magnet,
siklus air dan lainnya. Empedocles menambahkan bahwa bumi terkombinasi oleh
unsure elemen yang bekerjasama dengan cinta dan kekejaman yang di kembangkan
oleh Aristoteles.
6. Obat-obatan
dan Psikolog
Obat-obatan memegang peranan penting selama 1500
tahun, dan penemuan itu telah ada sebelum Hipocrates mengembangkannya. Di
Alexandria telah terkumpul 20.000 teks halaman masalah psikologi. Inilah tantangan
generasi muda dan ilmuwan untuk tetap berinovasi, berkreasi, bercipta, rasa,
dan karsa untuk sebuah kemauan ilmu dengan logika yang berasional dan
berbudaya.
DAFTAR PUSTAKA
Bertans,
K. 1981. Sejarah Filsafat Yunani.
Yogyakarta: Kanisius.
Mustansyir, Rizal. 2004. Filsafat Analitik Sejarah, Perkembangan, dan
Peranan Para Tokoh. cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Collinson, Diane. Lima Puluh Filosof Dunia yang Menggerakkan, Jakarta : PT
Rajagravindo Persada, 2001,
Delfgaauw, Bernard. Sejarah Ringkas Filsafat Barat, Yogyakarta : PT Tiara Wacana
Yogya,1992,
Poedjawijatna, Prof. I.R. Pembimbing Ke Arah Alam Filsafat,
Jakarta : Rineka Cipta, 1997,
Tafsir, Ahmad, Prof. DR. Filsafat Umum Akal dan Hati Sejak Thales
Sampai Capra, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009,
Tim Penyusun MKD IAIN Sunan Ampel
Surabaya. Pengantar Filsafat,
Surabaya : IAIN SA Press, 2011
New Slots casino - JCM Hub
BalasHapusNew slots casino. Play Slots at JCM Casino. This casino has 안동 출장안마 the best 거제 출장안마 promotions, bonuses, and promotions for top Slots games: 제주도 출장안마 from 경상남도 출장마사지 slots, roulette 인천광역 출장안마 to